Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengurangi Cahaya Layar Smartphone Android

Smartphone sudah berubah menjadi alat yang tidak dapat dipisahkan dari rutinitas manusia saat ini, Kemanapun mereka pergi, apapun yang mereka lakukan, pasti mereka akan sibuk atau bahkan tidak memperdulikan sekelilingnya apabila ada smartphone. Tidak salah jika ada beberapa gambar yang di-share media sosial untuk "menyindir" perilaku tersebut.
Hal tersebut dapat disebabkan oleh semakin kompleksnya fungsi dari smartphone itu sendiri. Jika pada awalnya hanya untuk komunikasi, sekarang sudah menjadi alat yang sangat membantu pekerjaan manusia. Selanjutnya, hal lain yang mendukung smartphone sangat erat dengan kehidupan manusia adalah harga smartphone. Kita semua pasti tahu, sebelumnya harga smartphone itu sangat mahal, jadi hanya orang-orang tertentu yang memang perlu saja yang memiliki smartphone. Namun, dengan murahnya harga smartphone pada saat ini, masyarakat sudah mampu membeli smartphone yang terkadang fungsi yang dibutuhkan terlalu berlebihan untuk dimilikinya.
Di luar permasalahan yang telah saya uraikan di atas, saya sendiri tidak mempermasalahkan dengan penggunaan smartphone asal penggunaan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Setelah panjang lebar saya menjelaskan uraikan di atas, sebenarnya saya ingin membahas mengenai bagaimana caranya mengurangi cahaya dari layar smartphone pada penggunaan di ruang gelap atau malam hari. Seperti yang telah kalian ketahui, terutama yang sering mengotak-atik smartphone sebelum tidur, pasti merasa agak terganggu dengan layar smartphone yang terlalu terang. Hal tersebut masih terjadi walau "reading mode" bawaan smartphone sudah diaktifkan. Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui permasalahan tersebut?

Perbedaan cahaya layar smartphone normal, Bluelight filter bawaan smartphone diaktifkan, dan Twilight diaktifkan


Tampilan smartphone dengan Bluelight Filter bawaan smartphone diaktifkan
Tampilan smartphone dengan Bluelight Filter bawaan smartphone diaktifkan
Tampilan smartphone dengan aplikasi Twilight diaktifkan
Tampilan smartphone dengan aplikasi Twilight diaktifkan

Aplikasi Android untuk Mengurangi Cahaya Layar Smartphone

Seperti biasa, saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi pihak ketiga, diantaranya adalah Twilight Pro Unlock, Bluelight Filter for Eye Care, dan Bluelight Filter - Night Mode. Aplikasi-aplikasi ini mampu mengurangi jumlah cahaya biru (bluelight) yang memancar dari smartphone kalian, sehingga mata kalian akan lebih nyaman untuk melihat layar smartphone di ruangan gelap.
Silahkan download lalu instal salah satu aplikasi di atas untuk mengurangi cahaya biru dari layar smartphone kalian. Semua aplikasi di atas adalah gratis. Akan tetapi dua diantaranya merupakan aplikasi in-app purchase. Berikut ini saya berikan beberapa screenshot smartphone saya yang menggunakan aplikasi Twilight Unlock Pro. Ya, Pro. Bukannya saya sombong karena beli aplikasi resmi, akan tetapi saya belinya saat aplikasi tersebut sedang diskon.

Demikianlah pembahasan saya mengenai bagaimana caranya mengurangi cahaya (biru) dari layar smartphone. Mungkin pada beberapa postingan selanjutnya, saya akan fokus terlebih dahulu mengenai pembahasan tentang mikrobiologi.
Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Post a Comment for "Cara Mengurangi Cahaya Layar Smartphone Android"