MASIGNALPHA102
8302930648872568002

Membuat Halaman Berbeda dalam Satu File Word

Membuat Halaman Berbeda dalam Satu File Word
10/27/2013

Sebelumnya, untuk membuat halaman yang berbeda pada file Word, banyak yang mengakalinya dengan membuat beberapa file Word, lalu menggabungkannya menjadi PDF. Ada juga yang langsung mencetak, tanpa menggabungkannya. Yang penting siap aja. Nah, kalau saya sendiri caranya lebih “Ekstrim” lagi. Tidak perlu diuraikan bagaimana caranyaFlirt male. Banyak sekali fungsi membuat halaman berbeda dalam satu file ini, diantaranya adalah memudahkan dalam hal navigasi pada file ketikan, agar terbaca pada saat memasukkan TOC (Table of Contents), serta dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam memberikan halaman pada file.
Adapun tujuan dari postingan kali ini adalah mampu membuat sebuah file yang terdiri dari halaman cover, kata pengantar, daftar isi, halaman untuk awal bab beserta sub bab, dan daftar pustaka. Untuk membuat halaman yang sesuai dengan format karya ilmiah, maka harus diperhatikan letak dan format dari halaman tersebut. Adapun letak dan format yang harus diketahui adalah sebagai berikut:
  1. Halaman Cover –> tidak memiliki halaman.
  2. Halaman Kata Pengantar dan Daftar Isi –> letaknya di footer, align Center. Formatnya adalah huruf romawi tapi huruf kecil (Contohnya i, ii, iii, dst).
  3. Halaman awal setiap bab –> letaknya di footer, align Center. Formatnya adalah angka (1, 2, 3, dst).
  4. Halaman lanjutan bab –> letaknya di header, align Right. Formatnya adalah angka (1, 2, 3, dst)
  5. Halaman daftar pustaka –> sama seperti halaman pada halaman lanjutan bab.
  • Ok, sebelum cepat-cepat mengetik sebuah karya ilmiah, ada baiknya kita menyusun kerangkanya. Untuk itu, pada halaman pertama file kita,  kita ketik Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, BAB I, Sub BAB I, BAB II, Daftar Pustaka seperti pada contoh berikut.
  • Selanjutnya, bawa cursor ke belakang Kata Pengantar. Lalu pilih tab Page Layout, pilih Breaks, lalu pilih Next Page. Bisa juga dengan menekan Ctrl+ Enter. Maka Kata Pengantar akan pindah ke halaman selanjutnya. Lakukan hal yang sama pada Bab I, Sub BAB I, dan Daftar Pustaka. Khusus untuk Daftar ISi, bawa cursor ke belakang Daftar Isi, lalu tekan Enter sampai pindah ke halaman selanjutnya.


Halaman 2

  • Setelah tahap ini selesai, maka file kita terdiri dari 7 dengan Cover berada pada halaman 1 sampai Daftar Pustaka pada halaman 7 seperti pada contoh berikut.

Halaman 3

  • Selanjutnya, bawa cursor pada halaman Kata Pengantar, Pilih Tab Insert. Pilih Page Number, lalu Format Page Number. Pilih format angka romawi (i, ii, iii,). Pilih Ok. Setelah itu pilih kembali Page Number, pilih Bottom of Page, lalu pilih Plain Number 3. Setelah kita memasukkan nomor halaman, maka Tab Design Header and Footer akan muncul. Klik di Link to Previous untuk menonaktifkan adanya hubungan dari halaman sebelumnya. Setelah itu, pindah ke halaman cover, lalu kita bisa menghapus nomor halaman yang ada di halaman tersebut. Kembali ke halaman Kata Pengantar, kita bisa melihat jika halaman tersebut masih halaman ii. Untuk itu, pilih Page Number, pilih Format Page Number. Setelah itu tandai di Start at, klik OK. Maka halaman Kata Pengantar sudah berubah menjadi halaman i. Cek halaman Daftar Isi. Halaman tersebut harus ii.
  • Dengan Tab Design Header and Footer Tools masih aktif. Pindahlah ke halaman BAB I (Klik di depan nomor halaman yang ada pada halaman tersebut, dalam kasus ini disitu ada nomor 3). Hilangkan terlebih dahulu Link to Previous. Selanjutnya pilih Page Number, Format Page Number, pilih Start at 1.









  • Pindahlah ke halaman Isi BAB I, klik di depan nomor halaman 2 yang ada pada halaman tersebut. Hilangkan Link to Previous. Lalu hapus angka 2 yang berada pada footer. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, untuk halaman lanjutan dari halaman Bab, maka letak nomornya adalah di Header bagian kanan. Untuk itu, kita harus memformat bagian header, karena sebelumnya kita memformat bagian footer. Dengan tab Design Header & Footer masih aktif, pilih Page Number, pilih Top of Page, pilih Plain Number 3. Setelah itu hilangkan Link To Previous header. Barulah kita bisa menghapus halaman yang ada pada header di halaman sebelumnya.
  • Sekarang pindah ke halaman BAB II. Pada bagian Header, disitu ada angka 3. Hilangkan Link to Previous terlebih dahulu (agar angka di header pada halaman sebelumnya tidak ikut terhapus), baru  boleh hapus angka 3 pada header halaman tersebut. Sekarang pindah ke bagian footer. Dibagian tersebut tidak ada halaman. Sebelum memasukkan halaman, hilangkan terlebih dahulu Link to Previous. Baru pilih Page Number, pilih Bottom of Page, pilih Plain Number 3. Maka halaman 3 akan otomatis muncul, benar kan?




  • Ok, kita lanjut ke halaman terakhir. Pada halaman Daftar Pustaka, letak dan formatnya sama seperti Lanjutan Bab, yaitu pada header dan align Right. Seperti biasa, klik di angka 4 yang ada di footer, baru hilangkan Link to Previous, lalu hapus angka 4 tersebut. Selanjutnya pilih Page Number, pilih Top of Page, pilih Plain Number 3. Angka 4 akan muncul di header halaman Daftar Pustaka. Setelah itu hilangkan lagi Link to Previous, lalu pindah ke halaman BAB II, hapus angka 3 yang ada di header halaman BAB II.


Sekarang cek semua letak dan format halaman yang sudah kita berikan, dimana:
  • Halaman Cover tidak memiliki halaman.
  • Halaman Kata Pengantar, letaknya difooter align center dengan format angka romawi kecil, halamannya adalah i. Daftar Isi halaman ii, letak dan format sama seperti Kata Pengantar.
  • Halaman BAB I, letaknya di footer align center dengan format angka, halamannya adalah 1. BAB II halaman 3, formatnya sama seperti pada BAB I.
  • Halaman sub BAB I, letaknya di header align right dengan format angka, halamannya adalah 2. Daftar Pustaka halaman 4, formatnya sama seperti sub BAB I.
Bagaimana??
Selamat mencoba…
Silahkan ikuti tutorialnya juga melalui video berikut

Hendra Yulisman

Awardee LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Satu komentar kalian sama dengan satu juta semangat untuk saya

Silahkan bertanya jika masih ada yang kurang jelas
Saya sangat mengharapkan kritik dan saran kalian dalam membangun blog ini.

Peraturan dalam memberi komentar
~Diharapkan menggunakan kata-kata yang santun, baik, dan sopan.
~Berkomentarlah sesuai dengan topik (relevan).
~Dilarang keras memberi komentar yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan, dan pelecehan.
~Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Terima kasih