Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Uncontrolled Auto Scrolling Down pada Komputer

Sebenarnya saya agak sulit dalam menentukan judul postingan kali ini. Pada awalnya saya ingin membuat judul dalam Bahasa Indonesia. Tujuannya adalah untuk memudahkan para pembaca dalam menemukan tips ini. Namun, karena sulit menemukan kata-kata yang “pas” dalam Bahasa Indonesia, akhirnya saya gabungkan saja antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Tahukah kalian apa auto-scrolling down itu?

Uncontrolled auto-scrolling down atau bergulir ke bawah secara otomtis dan tidak terkontrol (begitu kan ya?) adalah suatu permasalahan yang timbul dari kesalahan (error) pada keyboard komputer yang menyebabkan halaman akan turun/bergulir ke bawah/auto-scrolling down pada setiap bagian komputer yang kalian pilih/klik (Yulisman, 2017). Misalnya, kalian buka file Ms. Word yang memiliki 1000 halaman. Tanpa kalian klik apapun, tiba-tiba si komputer langsung membawa kalian ke lembah file 1000 halaman tersebut dan ketika kalian klik panah ke atas, kursor akan kembali lagi ke tempat semula. Hal ini juga berlaku ketika kalian menggunakan scrollbar. Ketika kalian membawa sudah berhasil men-scroll up sampai ke halaman pertama, begitu scrollbar-nya dilepas, maka dengan cepat komputer akan kembali terjungkal ke lembahnya lagi. Ternyata, masalah ini tidak hanya berlaku ketika membuka Ms. Word saja. Masalah ini akan muncul di semua program, baik di Explorer, Notepad, dan bahkan di browser kalian. Bayangkan ketika kalian ingin menonton video di Youtube, si komputer malah membawa kalian untuk turun membaca komentar yang paling bawah. Pasti menjengkelkan bukan?

Sebenarnya, postingan ini didasarkan pada kejadian nyata, bukan fiktif belaka. Alkisah pada suatu hari, istri saya melaporkan bahwa keyboard laptopnya bermasalah. Pada awalnya saya pikir itu bukanlah masalah yang besar, sehingga saya saya tidak langsung memeriksanya. Keesokan harinya, pada saat saya mencobanya, saya langsung berkesimpulan, “oh, ini tombol panah ke bawahnya yang rusak. Sepertinya tidak bisa saya buat, kita bawa ke tukang servis langganan saja”. Nah, Pada saat kami bawa ke tukang servis, lalu di coba oleh tukang servisnya, eh malah normal-normal saja. Namun ketika di coba oleh istri saya lagi, malah masalahnya mucul lagi. Akhirnya saya ambil kesimpulan, laptop ini di servis saja, dan kalau memang perlu, di ganti saja keyboardnya. Si tukang servisnya pun meng-iya-kan dan dia meminta waktu 4 jam. Daripada kami menunggu disitu memandangi si tukang servis yang mungkin saja dapat mengganggu konsentrasinya, kami memilih untuk mencari tempat makan saja. Setelah memesan makanan, baru pada suapan pertama, tiba-tiba ada yang menelpon saya. Ternyata si tukang servis. Dia menanyakan mengenai garansi laptop saya. Nah, karena masih bergaransi, si tukang servis tidak berani membukanya, dia hanya membersihkan dari luar saja, membersihkan debu-debu pada laptop yang sudah menumpuk. Setelah selesai makan, kami kembali ke tempat servis komputernya. Disitu dia menganjurkan untuk memperbaiki laptop ini ke service center saja. Namun saya tidak mau, karena pasti lama, dan istri saya pun sangat membutuhkan laptop ini. Akhirnya, saya hanya membayar biasa “bersih-bersih” laptop saja, sebesar 50ribu rupiah. Sudah capek, uang keluar, masalah masih ada.

Dalam perjalanan pulang, saya berpikir, kenapa tidak saya perbaiki sendiri saja. Biasanya, setiap ada laptop dan komputer orang yang rusak, itu saya senang {eh!). Maksudnya, ketika ada orang yang membawa laptop bermasalah ke saya, bagi saya, orang tersebut seperti membawa sebuah buku baru untuk saya baca, artinya, ada pengetahuan baru dari situ. Namun entah kenapa, kali ini saya terlalu cepat untuk menyerah dan langsung membawanya ke tukang servis. Akhirnya, malam itu juga, saya pelajari permasalahan laptop ini. Setelah browsing sana-sini, saya pun menemukan solusi dan mengatasi masalah keyboard tersebut.

Bagaimana saya melakukannya?

Ok, akan saya jelaskan sedikit mengenai SOP Penanganan Komputer Bermasalah. Sebelum kalian mengambil kesimpulan untuk memperbaiki hardware, selidiki terlebih dahulu software-nya. Pada kasus ini, permasalahannya dapat disebabkan oleh driver (device) keyboard, mouse, touchpad dan disebabkan oleh kesalahan registry. Biasanya, untuk menangani permasalahan dengan driver dan registry, cara cepatnya adalah install ulang komputer kalian. Namun, jika install ulang itu juga lama dan dapat menghapus semua kenangan di komputer kalian, maka perbaki saja driver dan registry tersebut.

Cara Pertama-Memperbaiki Software

  1. Buka Control Panel, lalu cari Device Manager
  2. Klik pada Keyboard. Biasanya, di bagian ini terdapat 2 sampai dengan 3 driver keyboard, yaitu HID Keyboard Device dan Standard PS/2 Keyboard.
  3. Klik kanan pada HID Keyboard Device, lalu pilih Uninstall Device. Lakukan hal yang sama pada Standard PS/2 Keyboard. Jangan restart komputer kalian pada saat ini, karena masih ada proses selanjutnya.
  4. Klik pada Mice and other pointing devices. Pada bagian ini, biasanya terdapat HID-compliant mouse dan driver touchpad bawaan merk komputer kalian, pada kasus saya, terdapat ASUS Touchpad.
  5. Lakukan hal yang sama seperti pada tahap 3. Setelah semuanya selesai di uninstall, restart komputer kalian.
  6. Jika masalahnya masih muncul, berarti sumber masalahnya bukan dari driver keyboard dan touchpad kalian. Namun, kalian jangan dulu membuka keyboard atau membawanya ke tukang servis komputer.
  7. Buka halaman web berikut ini: https://www.keyboardtester.com/tester.html
  8. Pada halaman web tersebut, kalian bisa melihat tombol yang sudah pernah ditekan/diaktifkan akan berwarna hijau. Pada kasus laptop saya, awalnya saya berpikir tombol panah ke bawah yang mengalami masalah, ternyata, yang bermasalah adalah tombol pdgn (page down) pada bagian keyboard numerik. Pada halaman KeyboardTester.com, tombol error itu ditandai dengan hijaunya tombol numerik 3.
  9. Hal selanjutnya semakin mudah, yang perlu kalian lakukan adalah men-disable tombol tersebut. Kalian tidak perlu mencabut tombol di keyboard untuk men-disable-nya. 
  10. Download dan install aplikasi Keytweak: https://keytweak.software.informer.com/2.3/
  11. Setelah di install, buka aplikasi tersebut
  12. Pada bagian Choose New Remapping, pilih tombol keyboard yang sedang bermasalah, lalu klik pada Disable. Selanjutnya klik Apply
  13. Restart komputer
  14. Kasus saya selesai pada tahap ini

Cara Mengatasi Uncontrolled Auto Scrolling Down pada Komputer
Tampilan Device Manager

Cara Mengatasi Uncontrolled Auto Scrolling Down pada Komputer
Tampilan Halaman KeyboardTester.com

Cara Mengatasi Uncontrolled Auto Scrolling Down pada Komputer
Tampilan Aplikasi KeyTweak. Disini kalian bisa melihat saya sudah men-disable NumPad 3

Cara Kedua-Memperbaiki Hardware

Bagaimana jika masalahnya masih muncul?

Dapat dikatakan bahwa permasalahan yang sedang kalian hadapi ini berhubungan dengan hardware, bukan lagi software. Oleh sebab itu, kalian harus membuka dan membersihkan keyboard komputer kalian. Jika kalian tidak berani atau takut malah akan menambah masalah, ada baiknya kalian bawa komputer ke tukang servis terdekat di kota-kota kalian Akan tetapi, saya sarankan bawa ke tukang servis yang sudah kalian kenal.

Demikianlah postingan ini saya buat, semoga bermanfaat.
Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

91 komentar untuk "Cara Mengatasi Uncontrolled Auto Scrolling Down pada Komputer"

  1. Balasan
    1. Benar bang. Ada penambahan nanti di postingan ini bang

      Hapus
  2. Thanks infonya mas. saya malah baru tau hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bookmark saja mas.. Mungkin suatu hari nanti perlu.. Hehehhe

      Hapus
  3. Balasan
    1. Di bookmark aj bang hehhe.. Kali aja bisa berguna nantinya

      Hapus
  4. Aku juga pernah sekali mengalami hal begini, cursor nya scroll down panjaaaang banget, solusinya hanya restart aja, tapi ga muncul lagi problem nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu bisa disebabkan sama registry juga, heheh

      Hapus
  5. Trimkasih blog'y sngat membantu

    BalasHapus
  6. Apakah dengan Uninstall Device keyboard, setelah restart akan kembali terinstal? dimana bs mendapatkan file instal cadangan utk driver keyboard?
    saya jg mengalami hal yg sama. sdh keyboard test, hasilnya semua oke.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Device keyboard akan otomatis terinstal kembali sesudah komputernya di restart gan. Jadi tidak masalah. Semoga membantu

      Hapus
  7. Wah, setahun lalu laptop saya punya masalah ini dan sampai sekarang belum selesai. Saya coba, pak. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  8. Gan nanya dikit
    Masalah itu kan dh gk keliatan lg
    Tp saat gua buja keyboardtester ny lg
    Msh bunyi walau dh d disable
    Kira2 cukup minta bersihin d tukang aj to ap hrs ganti y gan
    Ini beneran krn kotor aj to rusak gitu y gan
    Krn gua cek macam d on board keyboard no prob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tes buka notepad atau Ms.Word gan..Kalau g mengganggu, ane rasa g perlu di servis lagi. Kecuali mengganggu, ada baiknya di servis saja.

      Hapus
  9. saya mengalaminya sekarang, tp saya kurang ngerti caranya...please!

    BalasHapus
  10. ya Allah bang makasih banget informasinyaa.. ini masalahku dari dulu sebel banget sampe mau ganti laptop, soalnya bingung gimana mau nyari judul artikel buat masalah ini. eh akhirnyaa nemu artikel abang ini membantu bangeet, tapi belum dicoba sih hehe.. baru mau otw. makasih ya baang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.
      Sama-sama.
      Semoga permasalahannya dapat diselesaikan

      Hapus
  11. Terima kasih banyak info nya bang,sangat membantu. akhirnya laptop saya normal lagi. Sebelumnya saya mengerjakan skripsi tapi sering ngescroll sendiri, jadinya ribet.

    BalasHapus
  12. kak saya sudah download KeyTweak. keyboard yang bermasalah adalah pagedown, saya sudah pilih pagedown dibagian 'choose new remapping' tapi kata 'remap key' 'restore default' atau 'disable key' semuanya tidak bisa saya klik. jadi cara ngebenerin nya gimana? plis kak bantu saya urgent bgt😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sekarang sudah bisa?
      Silahkan hubungi saya melalui kontak form yang tersedia di bagian Contact Me blog ini

      Hapus
    2. Tadinya saya juga gitu.. tapi sy coba klik di gambar susunan keyboardnya. Krn tombol sy yg bermasalah adalah huruf L jadi sy tekan nomor 39 baru hidup tombol lainnya. Masalahnya bang... setelah saya tekan disable key dan apply yg muncul " could not remove scancode map value from registry. the system returned the following massage: Accsess is denied." Saya sudah coba matikan firewall sy tapi tetap ga bisa.. duh gmn ya bang.. apa harus servis hardware ya bang..

      Hapus
    3. restart dulu, dan coba perbaikiy registry pakai cc cleaner

      Hapus
  13. Alhamdulillah berhasil. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Sama-sama. Senang bisa membantu

      Hapus
  14. MasyaAllah.. Sudah hampir putus asa saya ngadepin laptop kasus begini.. Suami malah nyuruh jual aja ganti yg lain karena udah sering bermasalah padahal baru beli (konon merk asus memang begitu).. Berkali2 browsing gak nemuin kosa kata yg pas (keluarnya tentang kursor melulu).. Akhirnya alhamdulillah nemuin jawabannya disini.. Terimakasih.. Sangat bermanfaat.. Barakallah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Sama-sama. Senang bisa membantu

      Hapus
  15. Wahh terima kasih, akhirnya saya menemukan solusi untuk masalah laptop saya. Awalnya laptop saya mengalami masalah seperti itu juga, trus baca artikel ini dan menemukan solusinya.

    Saya hanya menekan tombol pagedown 3x dan scroll kembali normal.

    BalasHapus
  16. Waaaah ternyata ada yg sama. Tombol down sudah jadi korban, ternyata yg error tombol end 😅. Izin share materi yg sama ini ke blog saya untuk saling berbagi. Terimakasih untuk ilmu barunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan.
      Jangan lupa mencantumkan sumbernya ya gan

      Hapus
  17. Sudah download keytweak tapi gabisa dipencet yang disable

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya bagaimana ya? Apakah sudah dideteksi key mana yang sedang bermasalah memggunakan web keyboardtester?

      Hapus
    2. betul mas hendra, saya pun begitu. sebelumnya tombol pg down saya yg bermasalah. tapi saat sudah download keytweak dan mau disable pg down nya gakbisa dipencet

      Hapus
  18. Bermanfaat trimakasih ilmunya gan

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah sudah berhasil mas. saya juga begitu hampir putus asa. mau tanya apabila sudah di disable apakah masih boleh tekan pgdn atau tidak boleh ditekan untuk selamanya agar tidak terulang kembali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman dari laptop istri saya, boleh ditekan, namun tidak ada fungsi apa-apa. Tombolnya akan kembali error apabila agan melakukan instal ulang, atau menghapus software tweak itu.

      Hapus
  20. Terima kasih kak sebelumnya
    Mohon maaf jika sudah di uninstall
    apakah tidak bermasalah ya kak, dan jika masih belum bekerja 100% apakah bisa di install ulang

    BalasHapus
  21. Thanks boss ilmunya...
    Tapi ane mau nanya, skrng permasalahannya adalah setelah di disable, ane coba pake keyboard tester tetep masih ada suara kaya keyboard kepencet gitu, walau ga da warna ijo yg muncul, apa karena pagedownnya terbaca tetap terpencet ya?
    Trs di word juga ga da mslh lagi si, cuma apa emang krna kotor doang ya?

    BalasHapus
  22. Itu efeknya tombol yg rusak jadi gak bisa dipake lagi ?

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah bang laptop anak saya sdh normal, bs belajar online lg. setelah sy test yg bermaslah di tombol END. Sy ikuti instruksi di atas dan berhasil.
    Semoga Allah yg akan membalas kebaikan abang ini dengan derajad yang layak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.
      Masyaallah.
      Amin.
      Terima kasih.
      Senang bisa membantu.

      Hapus
  24. tanda tombol keyboard yg error gimana ya mas? tombol pagedown dan huruf A saya bersuara..itu error kah mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Tanda errornya itu dan ada indikator warna hijaunya pada tombol yang aktif.

      Hapus
  25. Terimakasih, artikelnya sangat membantu mengatasi permasalahan yg saya alami.
    selanjutnya untuk mengembalikan HID Keyboard Device dan Standard PS/2 Keyboard yg sdh uninstall bagaimana Pak Hendra? terimakasih

    BalasHapus
  26. Terima kasih bang, sangat bermanfaat ilmunya.

    BalasHapus
  27. Terima Kasih info yang sangat bermanfaat.. Saya sudah coba dan berhasil.. 🙏

    BalasHapus
  28. Bangg saya kok ngga bisa ya buat instal KeyTweak nya. Tolong bantuannya banggg:(

    BalasHapus
  29. Bang saya sudah download KeyTweak tapi kenapa ngga bisa terinstall yaaa?

    BalasHapus
  30. Bisa gan tutorial nya, terimakasih banyak

    BalasHapus
  31. Udah dicoba, kayaknya sih berhasil daritadi gak scroll ke bawah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep..berarti sudah berhasil di-disable tombolnya

      Hapus
  32. Terimakasih gan semoga jadi ilmu yang bermanfaat..

    Semua proses sudah saya lalui,, tapi masih saja muncul kendala tsb,, tapi biasanya ketika error lagi saya tekan salah satu tombol panah normal kembali,
    jika error lagi saya tekan tombol yg sama lagi,,,
    barangkali ada solusi lain gan,,
    terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  33. Masih kurang ngerti, meski kubaca berkali-kali 😥
    Kalo wordku selalu kembali ke atas, pas lagi ngetik eh kembali ke halaman awal.

    Pas nyoba tes keyboard, hampir semua hijau...
    Bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pake mouse g? Coba jangan pakai mouse dulu

      Hapus
    2. Iya sama seperti masalah yang saya alami. Ga bisa scroll kebawah, kalo scroll kebawah selalu kembali ke halaman awal. Saya nggak pake mouse.

      Hapus
  34. Terimakasih Ilmunya... semoga tidak scroll down lagi

    BalasHapus
  35. Untung ketemu artikel ini, awalnya juga saya bingung nyari kata kunci buat permasalahan ini di google hehehe. Terima kasih bang

    BalasHapus
  36. Halo kak. Saya beda lagi ceritanya...
    Rol di word saya gak bisa diatur. Misalnya saya mau membuat margin 4433 nah dia langsung ketengah kak jadi hanya 1/4 kertas yang bisa terisi.
    Mohon bantuannya kak
    Terimakasih banyak

    BalasHapus
  37. Kak hendra izin bertanya, laptop aku sama kek gtu, eror di bagian tombol pgdn dan f12, terus ku non aktifkan itu tombol pgdn dan meng aktif kan nya lagi,, alhamdulillah bisa. Tapi untuk tombol f12 meskipun udh di nok aktifkan tapi pas di coba cek keyboard masih bunyi nyala dan berwarna hijau tapi memang bunyi nya itu bunyi terusss padahal tombol f12 sudah tidak di ketik. Itu bagaimana ya kira2?

    BalasHapus
  38. Kak hendra izin bertanya, setelah ku cek di web pengecekan ketboard ternyata yg eror itu di tombol pgdn, L, ', sama f12. Kemudian aku disable kan tombol pgdn terlebih dahulu dan aku aktifkan lagi setelah itu dan yaaa alhamdulillah tombol L dan tanda ' di keyboard menjadi normal.
    Tapiii untuk tombol f12 aku sudah disable kn juga masih tetap nyala tanda ijo dan bunyi terus padahal sudah tidak aku klik pada saat pengecekan di web pengecek keyboard. Itu kira2 kenapa ya kak? Apakah nnti akan merambat masalah nya ke sistem yg lain? Apa harus ganti keyboard? Mohon penjelasan nya kak
    Thank u

    BalasHapus
  39. Kak hendra izin bertanya, setelah ku cek di web pengecekan ketboard ternyata yg eror itu di tombol pgdn, L, ', sama f12. Kemudian aku disable kan tombol pgdn terlebih dahulu dan aku aktifkan lagi setelah itu dan yaaa alhamdulillah tombol L dan tanda ' di keyboard menjadi normal.
    Tapiii untuk tombol f12 aku sudah disable kn juga masih tetap nyala tanda ijo dan bunyi terus padahal sudah tidak aku klik pada saat pengecekan di web pengecek keyboard. Itu kira2 kenapa ya kak? Apakah nnti akan merambat masalah nya ke sistem yg lain? Apa harus ganti keyboard? Mohon penjelasan nya kak
    Thank u

    BalasHapus
  40. Kak hendra izin bertanya, setelah ku cek di web pengecekan ketboard ternyata yg eror itu di tombol pgdn, L, ', sama f12. Kemudian aku disable kan tombol pgdn terlebih dahulu dan aku aktifkan lagi setelah itu dan yaaa alhamdulillah tombol L dan tanda ' di keyboard menjadi normal.
    Tapiii untuk tombol f12 aku sudah disable kn juga masih tetap nyala tanda ijo dan bunyi terus padahal sudah tidak aku klik pada saat pengecekan di web pengecek keyboard. Itu kira2 kenapa ya kak? Apakah nnti akan merambat masalah nya ke sistem yg lain? Apa harus ganti keyboard? Mohon penjelasan nya kak
    Thank u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti ada tombol lagi tuh yang bikin error. Coba dicek lagi, tombol2 mana saja yang membuat error. Mohon maaf slow respon

      Hapus
  41. Tips yang sangat berguna, terima kasih banyak. Akhirnya laptop ku kembali normal dengan mengikuti langkah pertama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Senang sudah bisa membantu

      Hapus
  42. Terimakasih atas tutorialnya ya

    BalasHapus
  43. Kalo nanti ingin diinstall lagi gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau drivernya itu, tinggal direstart saja komputernya

      Hapus
  44. Makasih... Udah bisa normal lagi 😭

    BalasHapus