Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyimpan Nomor Kontak tanpa Takut Terhapus di Smartphone

Sedikit Sejarah Cara Penyimpanan Nomor Kontak

Pada saat Nokia masih merajai dunia per-hp-an, sebagian orang akan mencatat nomor kontak atau nomor HP penting di buku catatan kecil atau menyimpannya di memori kartu SIM. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi apabila hp yang sedang dipakainya itu hilang atau rusak, maka mereka masih memiliki nomor hp orang yang diinginkannya.
Suatu hal yang mengejutkan saya adalah banyak orang yang masih tetap melakukan hal tersebut, padahal mereka sudah menggunakan smartphone. Mereka terbiasa menyimpan semua nomor kontak di kartu SIM. Padahal, jumlah maksimum penyimpanan di kartu SIM hanya berjumlah 200 nomor saja. Tentu saja itu tidak cukup. Lalu, bagaimana jika kita memiliki 1000 nomor kontak? Apakah kita harus membeli banyak kartu SIM untuk menyimpannya? Tentu saja tidak. Ada satu cara yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut.

Pada saat kalian membeli smartphone baru, dalam hal ini saya ambil contoh smartphone dengan OS Android, kalian pasti diminta untuk membuat akun Google pada saat pertama sekali menghidupkannya. Terkadang, orang kounter hp bahkan membuat akun Google dengan nama dan password sembarang saja. Alasan mereka, "asai kana dile (asal sudah ada saja dulu)". Hal tersebut terjadi pada ayah saya saat membeli smartphone baru. Setelah saya cek nama akun Google-nya, saya terdiam, dalam hati saya berkata, "peu i peulaku keu ayah lon nyoe (apa maksud orang yang membuatnya ini)". Nama akun nya aneh sekali, saking anehnya sampai saya malu untuk menulisnya disini.

Ok, lanjut ke pembahasan. Nah, akun yang kalian buat itu fungsinya sangat banyak. Terutama dalam hal sinkronisasi. Sinkronisasi adalah proses penyamaan antara data di smartphone dengan data di server Google. Data sinkronisasi tersebut mencakup data ultah seseorang, tanggal penting di kalender, photo, dan nomor kontak. Ya, nomor kontak. Jadi, misalnya kalian instal ulang smartphone, pasti semua data terhapus bukan? Kalau kalian sudah melakukan sinkronisasi, maka kalian tidak perlu takut dengan kehilangan data. Semua data pasti akan terdownload kembali ke smartphone kalian. 100% sama. Mulai dari photo, tanggal-tanggal penting, catatan di Google Keep, dan nomor kontak. Semuanya akan kembali. Namun, yang menjadi masalahnya adalah sebagian orang masih belum paham, bagaimana dan kapankah sinkronisasi nomor kontak itu dilakukan?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, silahkan ikuti beberapa langkah berikut.

Cara menyimpan nomor kontak tanpa takut terhapus di Smartphone

  • Anggaplah kalian ingin menyimpan nomor kontak tertentu.
  • Setelah mengetik nomor, kalian akan memilih tambahkan kontak baru

  • Disinilah proses yang sangat penting. Agar data kontak tersebut bisa tersinkron dengan server Google, maka kalian harus memilih menyimpannya dengan email Google, bukan memilih menyimpannya di smartphone. Jika kalian memilih menyimpannya di smartphone, hasilnya ya sama saja. Data tersebut akan hilang bersama data lainnya saat proses instal ulang.



Jadi, dari beberapa langkah sederhana di atas, kalian sudah tahu jika penyimpanan data agar bisa sinkron dengan server Google harus dilakukan pada saat kalian menyimpan nomor kontak pertama kalinya. Sebenarnya, ada juga fitur untuk memindahkan data yang terlanjut tersimpan di smartphone ke server Google, namun tidak semua smartphone memiliki fitur tersebut.
Demikianlah pembahasan saya, semoga dapat membantu
Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Post a Comment for "Cara Menyimpan Nomor Kontak tanpa Takut Terhapus di Smartphone"