Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Artikel Ilmiah pada Akun ORCID

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya tentang manfaat dan cara membuat akun ORCID. Pada postingan ini, saya akan membahas bagaimana caranya menambahkan artikel ke dalam akun ORCID. Seperti kata pepatah, “banyak jalan menuju Roma”, maka banyak cara untuk menambahkan artikel ke dalam akun ORCID. Sepanjang pengetahuan saya, terdapat tiga cara untuk menambahkan artikel ke dalam akun ORCID, yaitu secara otomatis, semi-otomatis, dan manual.  Adapun penjelasan lebih lanjut terkait ketiga cara tersebut adalah sebagai berikut.

Cara Menambahkan Artikel Ilmiah pada Akun ORCID


Cara menambahkan artikel ke akun ORCID secara otomatis

Pada dasarnya, ORCID akan menambahkan artikel secara otomatis apabila kalian melakukan publikasi di jurnal yang terindeks Scopus dan Crossref. Namun, artikel kalian yang baru terbit tersebut memerlukan kurun waktu tertentu untuk muncul di akun ORCID kalian. Biasanya, hal ini ditentukan oleh setting crawling penyedia jurnal. Jadi jangan heran, apabila ada artikelnya yang cepat ataupun lambat munculnya di akun ORCID kalian. Jadi, pada cara yang pertama ini, kalian tidak perlu melakukan setting apapun di akun ORCID apabila kalian telah melakukan publikasi di jurnal terindeks Scopus dan Crossref. 
Apabila ada pertanyaan, “Jurnal yang terindeks Crossref itu bagaimana sih?”. Jurnal yang terindeks Crossref itu sudah memiliki DOI. Pada saat ini, sudah banyak sekali jurnal nasional yang telah memiliki DOI. Hal ini menunjukkan bahwa pengelola jurnal sudah mulai focus dengan pengindeksan jurnal mereka. Oleh sebab itu, kalian tidak perlu ragu lagi untuk melakukan publikasi di jurnal nasional.

Cara menambahkan artikel ke akun ORCID secara semi-otomatis

Seperti yang telah saya informasikan pada bagian sebelumnya, apabila ada artikel yang terlalu lama muncul di akun ORCID, maka kalian dapat menggunakan fitur pencarian beberapa pengindeks jurnal yang telah bekerjasama dengan ORCID. Pada postingan ini, saya memberikan contoh menggunakan fitur Crossref Metadata Search. 
Apa perbedaan cara semi-otomatis dengan cara otomatis dan manual? Perbedaan yang paling mencolok adalah cara semi-otomatis masih memerlukan tenaga kalian untuk melakukan fitur pencarian, sedangkan pada cara manual, kalian perlu mengetik semua data (metadata) secara manual). Hal inilah yang membedakan cara ini dengan cara-cara lainnya. 
Adapun cara menambahkan artikel ke akun ORCID secara semi-otomatis adalah sebagai berikut
  • Login akun ORCID kalian
  • Klik pada Crossref Metadata Search
Menambahkan artikel menggunakan Crossref Medatata Search

  • Silahkan browsing untuk mencari artikel kalian
Menambahkan artikel menggunakan Crossref Medatata Search

  • Apabila kalian telah menemukan artikelnya, klik ADD TO ORCID
  • Artikel akan muncul pada akun ORCID kalian

Cara menambahkan artikel ke akun ORCID  secara manual

Cara ini merupakan cara terakhir yang dapat kalian lakukan. Melalui cara ini juga, kalian dapat menambahkan semua bentuk dan jenis publikasi kalian di akun ORCID, baik artikel lokal, nasional, maupun internasional.
Adapun cara menambahkan artikel ke akun ORCID secara manual adalah sebagai berikut.
  • Login akun ORCID kalian
  • Pada bagian Work, klik logo positif (+)
Menambahkan artikel secara manual

Menambahkan artikel secara manual

  • Pilih jenis publikasi
  • Isi semua kolom sesuai dengan data publikasi Anda
  • Klik Finish

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Saya berharap kalian semua dapat melakukannya. Kelengkapan akun ORCID ID sangat bermanfaat, baik kepada diri kalian sendiri, dan orang lain yang tertarik dengan riwayat dan perkembangan penelitian kalian.

Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Post a Comment for "Cara Menambahkan Artikel Ilmiah pada Akun ORCID"