Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayat–Al-Quran Digital yang Powerfull

Bagi sebagian besar orang, Al-Quran adalah sesuatu yang penting, yang harus dibawa kemana pun ia pergi. Namun, saya akui, ini sulit saya terapkan. Berhubung saya sering bepergian sendiri, maka Al-Quran yang ada di dalam tas tentu saja terikut, bahkan ke toilet sekalipun. Nah, maka dari itulah saya mencari ide lain, mencari Al-Quran dalam bentuk softcopy, bukan hardcopy. Solusinya, ya dengan Al-Quran Digital. Mengenai hukum membawa masuk “laptop yang berisi Al-Quran Digital” ini, saya pernah berdiskusi dengan beberapa orang yang saya anggap mampu menjawab persoalan ini, salah satunya dosen saya, Bapak M. Diah Husin.

Saya : Pak, kalau Al-Quran dibawa masuk ke toilet, hukumnya bagaimana pak??

Pak Diah : Lebih bagus janganlah, kamu sudah tau tanyak lagi (kalau Anda sering berbicara dengan beliau pasti tau bagaimana cara bicara dosen yang satu ini)

Saya : Terus pak, kalau HP saya yang berisi ayat-ayat Al-Quran saya masukkan ke toilet, itu hukumnya bagaimana pak??

Pak Diah : Kalau itu, selama ayat-ayat itu tidak disuarakan, ataupun tidak dibaca di dalam toilet, ya tidak apa-apa, tapi nanti saya akan kabari lagi…

2 Hari kemudian

Pak Diah : Hendra, kamu kemarin tanya masalah HP yang berisi ayat-ayat Al-Quran yang dibawa masuk ke toilet kan??? (Pak Diah tiba-tiba bertanya di tengah kegiatan perkuliahan, dan memang sudah menjadi kebiasaan Pak Diah selalu mengaitkan antara materi kuliah dengan hal yang lain, terutama yang berhubungan dengan Islam)

Saya : Benar pak…

Pak Diah : Sebenarnya HP itu sama dengan Kepala Kita. Di dalam Kepala Kita, ada ayat-ayat Al-Quran, tetapi kalau orang minta buktinya, ya kita suarakan, kita ngaji. Begitu juga dengan HP. Di dalam HP ada ayat-ayat Al-Quran, tapi tidak jelas dimananya. Kalau di memori, memori bagian mana, kan di memori HP tidak cuma ada ayat Al-Quran saja, ada nomor HP orang, ada SMS orang. . .Jadi selama HP tidak dibuka dan disuarakan ayat-ayat Al-Quran (saya pikir maksud dari Pak Diah adalah ayat tersebut tidak tampak) itu di dalam toilet, maka dibolehkan…itu menurut yang bapak baca..

 

Nah, jawaban dari Pak Diah tadi hampir sama dengan pendapat sebagian besar ulama, yaitu BOLEH, selama tidak baca Al-Quran…tidak membunyikan lantunan ayat Al-Quran, maka boleh…

 

Ok, sekarang kita lanjut ke “Ayat – Al-Quran Digital”.

capture-20130131-194809

Software ini adalah Freeware/Aplikasi Gratis, yang dibuat oleh King Saud University, atas bantuan Raja Fahd. Banyak kelebihan dari Ayat – Al-Quran Digital ini, diantaranya:

  • Freeware.
  • Mendukung Windows (XP, 7, 8), Linux, serta Mac
  • Tersedia terjemahan dalam bahasa Indonesia.
  • Tersedia Pewarnaan Hukum Tajwid (Harus di download pada setiap halaman yang diinginkan)
  • Tersedia Suara Qori (Harus di download pada setiap halaman yang diinginkan, tapi jangan takut, setiap 1 file ayat Qori, ukuran filenya jarang yang sampai 1 Mb)
  • Tidak membuat kinerja PC kamu lambat.

Ok, untuk mendownloadnya, kamu bisa mengunjungi situs ini

 

Ayat – Al-Quran Digital

 

Saran, setelah kamu masuk ke halaman tersebut, maka pilih Bundled Version ---> Pilih Qori ---> Pilih Download Bundled Version. Ukuran file biasanya lebih dari 600 Mb, tapi jangan takut, download saja pakai IDM, karena linknya bisa di Pause dan Resume.

 

Note:

Khusus mahasiswa FKIP Unsyiah, link download akan menyusul.

Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Post a Comment for "Ayat–Al-Quran Digital yang Powerfull"