MASIGNALPHA102
8302930648872568002

Tips Lancar Berbicara di Depan Kelas

Tips Lancar Berbicara di Depan Kelas
12/19/2011

Mampu berbicara di depan kelas adalah sebuah hal yang mutlak dikuasai oleh siswa maupun mahasiswa pada saat sekarang ini, apalagi dengan kurikulum pemerintah yang diterapkan pada saat sekarang ini, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP #Terkadang siswa suka membuat plesetannya menjadi Kerjain Tugas Sampai Pulang).

Memang, di Internet sudah banyak orang lain yang mengupas tentang hal ini. Namun, tidak ada salahnya jika saya kembali mengingatkannya kembali bukan???.

Berbicara di depan kelas, sampai saat ini masih menjadi momok tersendiri bagi seorang pelajar. Banyak hal yang masih membuat mereka “TAKUT”. Kadang ada yang takut ketika dilihat orang lain, ada yang takut salah berbicara, takut ketika ada yang bertanya, ketika ada yang mengoreksi, takut ketika ada yang tertawa (padahal mereka tertawa sendiri, bukan karena kita), dan masih ada jutaan takut-takut lainnya.

Wajarkah jika kita “TAKUT”?????

Jawabannya adalah YA!. Terus terang saya katakan, se-profesional apapun seseorang, bahkan saya sendiri (memangnya saya seorang pembicara profesional!), pasti akan merasa takut. Tapi, mengapa mereka mampu berbicara dengan lancar???. Alasannya, mereka sudah mampu mengendalikan rasa takut mereka itu sendiri. Rasa takut tersebut mereka ubah menjadi sebuah kekuatan yang amat besar. Sebagai contoh, ada seorang guru, beliau setiap kali mengajar, suaranya kuat, lantang, dan tegas serta terlihat “kejam” (padahal sehari-hari suaranya selembut Sutra). Alasan guru ini melakukan demikian, agar beliau mampu mengontrol ketakutannya tersebut.

Selanjutnya, bagaimana kita mengontrol rasa “TAKUT” yang ada di dalam diri kita???

Layaknya menaiki tangga. Itulah hal yang harus kamu sadari. Kamu tidak mungkin bisa langsung lancar berbicara di depan kelas tanpa ada latihan, ataupun melakukan hal-hal yang membuat kamu percaya diri untuk berbicara di depan kelas. Sebuah hal (yang menurut saya) mampu untuk menumbuhkan “keberanian” dan sebagai awal adalah “AKTIF” di dalam kelas, baik itu sering menanyakan kepada gurumu apa yang tidak kamu mengerti, ataupun menjawab pertanyaan dari gurumu. Percayalah, hal ini mampu menumbuhkan rasa percaya diri kamu.

Ok, agar kamu tidak lelah dalam membaca artikel ini, akan saya berikan “Tips Lancar Berbicara” di Depan Kelas secara Sederhana:

  1. Tumbuhkan rasa percaya diri dan keberanianmu secara bertahap.
  2. Setelah hal di atas sudah ada di dalam dirimu, maka kamu telah siap maju ke depan kelas. Sebelum kamu maju ke depan kelas, persiapkan mental dirimu (tarik nafas dalam-dalam sambil memohon petunjuk Allah).
  3. Setelah kamu berada di depan kelas, jangan memandangi wajah teman-temanmu, akan tetapi, pandangilah hal-hal yang berada di belakang mereka (misalnya dinding, sehingga mereka menganggap kamu sedang memandanginya).
  4. JANGAN TAKUT! ketika ada yang tertawa, bertanya, ataupun mengoreksi. Tarik nafas dalam-dalam (sambil tersenyum), tanggapilah ulah mereka.
  5. Kamu bisa mengontrol ritme bicara kamu dengan menggerakkan tangan (istilah lainnya, Body Language).
  6. Yang perlu kamu ingat adalah, JANGAN PERNAH TAKUT SALAH, KARENA DI SEKOLAH KITA SEMUA ADALAH PELAJAR YANG SEDANG BELAJAR, JIKA SUDAH BENAR SEMUA, UNTUK APA SEKOLAH LAGI.
  7. Inilah “The most Important Thing”. LATIHAN..LATIHAN..LATIHAN..DAN JANGAN PERNAH BERHENTI UNTUK LATIHAN.

Ya, itulah beberapa Tips dari saya agar kamu mampu lancar berbicara di depan kelas (Insyaallah). Dan pada akhirnya saya ingin mengucapkan..

SELAMAT BERJUANG, SEMOGA BERHASIL!!!!

Hendra Yulisman

Awardee LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Satu komentar kalian sama dengan satu juta semangat untuk saya

Silahkan bertanya jika masih ada yang kurang jelas
Saya sangat mengharapkan kritik dan saran kalian dalam membangun blog ini.

Peraturan dalam memberi komentar
~Diharapkan menggunakan kata-kata yang santun, baik, dan sopan.
~Berkomentarlah sesuai dengan topik (relevan).
~Dilarang keras memberi komentar yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan, dan pelecehan.
~Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Terima kasih