Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mudah Mengaktifkan XL Pass

Pada bulan Oktober tahun 2017, saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Seminar Internasional di Turki. Kegiatan ini dibiayai oleh beasiswa LPDP. Pada kesempatan ini, peserta yang berasal dari Indonesia lumayan banyak, lebih kurang ada 40 orang. Mereka berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, dll. Jumlah ini membuat kami merajai kegiatan seminar tersebut, sampai-sampai keynote speaker dan peserta dari negara lainnya pun tertarik dengan beasiswa LPDP.

Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, seperti biasa, kami sering bertemu untuk membahas persiapan untuk ke Turki. Salah satu persiapan yang paling penting (terutama bagi kids jaman now) adalah koneksi internet. Pada awalnya, kami sangat bingung, resah, dan gelisah dengan permasalahan ini. Bagaimana tidak, pergi ke Turki tanpa punya koneksi internet itu bagai sayur tanpa garam, jalan sedikit saja bikin kaki langsung keram. Kami takut tidak dapat berkomunikasi dengan kolega di Indonesia (padahal untuk eksis).

Nah, di tengah kegalauan itu, setelah searching kesana kemari, akhirnya saya menemukan satu fitur dari XL, namanya XL Pass.

Apa itu XL Pass?

XL Pass adalah sebuah fitur yang disediakan oleh XL Axiata yang memungkinkan kita untuk tetap terkoneksi dengan jaringan XL selama berada di 40 negara (informasi mengenai negara-negara ini dapat kalian lihat disini- Halaman XL). XL Pass itu bukanlah kuota internet, hanya pembuka kunci agar kuota XL kalian bisa dipakai di luar negeri. Jadi, kalian harus punya kuota internet XL terlebih dahulu. XL PASS dapat dibeli saat berada di Indonesia atau setelah berada di luar negeri. Untuk kenyamanan kalian, saya menyarankan untuk mengaktifkan XL PASS sebelum keberangkatan. Apakah bermasalah jika kalian mengaktifkan XL Pass di luar negeri? Saya rasa tidak. Karena ada salah satu dari teman saya yang mengaktifkan (bahkan isi pulsa) saat berada di Turki. Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa dan dia masih selamat sampai saat ini.

Salah satu alasan bagi kami untuk memilih XL Pass adalah harganya yang lumayan murah jika dibandingkan dengan produk-produk sebelah. Untuk membeli XL Pass, tersedia 3 pilihan harga. Adapun pilihannya adalah sebagai berikut.

Untuk pelanggan Prabayar

Jumlah Hari Harga (Rp)
3 150.000
7 200.000
30 350.000

Untuk XL Go

Jumlah Hari Harga (Rp)
3 200.000
7 350.000
30 600.000

Karena kami hanya seminggu berada di Turki, maka kami memilih paket yang Rp. 200.000 untuk 7 hari. Selanjutnya, supaya lebih menghemat lagi, kami membentuk kelompok lagi untuk membeli paket ini. Jadi, untuk setiap dua orang, hanya satu orang saja yang membeli (bahkan ada yang beli untuk bertiga). Selanjutnya kami menggunakan tethering (sharing jaringan). 

Pada saat berada di Turki, kalian tinggal mengaktifkan fitur roaming pada smartphone untuk dapat menggunakan koneksi internet. Pengaktifkan ini sangat mudah dilakukan melalui Setting di smartphone kalian. Bagaimana dengan koneksinya? Sangat bagus. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh operator pilihan XL di Turki, yaitu Vodafone. Setiap daerah yang kami kunjungi mampu menangkap jaringan ini tanpa ada masalah (kecuali kalau berada di kereta bawah tanah). 

Sebelum mengaktifkan fitur ini, pastikan kalian memiliki kuota internet dari paket berikut.
  • Paket HotRod
  • XTRA Combo
  • XL Go

Jika kalian tidak memiliki paket ini, maka kalian tidak dapat mengaktifkan fitur XL Pass. Berdasarkan pengalaman saya, pada awalnya saya sempat bingung kenapa XL Pass saya selalu error saat diaktifkan, padahal pulsa ada, kuota internetnya juga ada. Setelah saya cek, ternyata kartu yang baru saja saya beli dengan harga mahal itu memiliki paket internet aktif XTRA Combo Lite, bukan XTRA Combo doank! Akhirnya, saya harus mengisi pulsa lagi untuk mengaktifkan paket internet XTRA Combo seharga Rp. 89.000 untuk 12 GB. Selain itu, kalian juga harus mempersiapkan pulsa yang sesuai dengan harga harga XL Pass itu sendiri.

Cara Mengaktifkan XL Pass

Ok, sekarang kembali ke pokok permasalahannya. Bagaimana cara mengaktifkan fitur XL Pass? Ada dua cara, yang pertama menggunakan aplikasi myXL dan yang kedua menggunakan *123*747#. 

1. Mengaktifkan fitur XL Pass menggunakan aplikasi myXL

  • Buka aplikasi myXL, klik pada logo kuning
  • Pada pop-up menu, pilih Beli Paket
  • Scroll down, klik pada Roaming
  • Pilih pada paket yang kalian butuhkan, klik beli
  • Tunggu beberapa saat sampai ada notifikasi sms dari XL yang menunjukkan bahwa paket kalian sudah aktif
Tampilan Paket XL Pass melalui aplikasi myXL
Tampilan Paket XL Pass melalui aplikasi myXL

2. Mengaktifkan fitur XL Pass menggunakan *123*747#

  • Buka dialpad kalian, ketik *123*747#
  • Pilih 1 XL Pass
  • Pilih 1 Aktivasi XL Pass
  • Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kalian
Tampilan Paket XL Pass melalui *123*7474#
Tampilan Paket XL Pass melalui *123*7474#

Jika di totalkan, pengeluaran saya untuk koneksi internet ini adalah sebagai berikut.
Item Harga
Paket Perdana (Paket XTRA Combo Lite 25 GB)  125.000
Paket XTRA Combo 12 GB 89.000
XL Pass 7 Hari 200.000
Total 414.000

Ternyata, setelah saya hitung begini, saya terkejut juga. Karena harganya hampir setengah juta untuk koneksi internet saja. Namun kalian bisa mengatasinya dengan membeli paket perdana yang murah-murah saja, atau kalian minta sama abg alay yang suka gonta ganti kartu XL untuk paket internetnya. Jadi harganya bisa menjadi leboih murah lagi.

Sekian informasinya. Akhir kata, saya ingin mengucapkan have a nice holiday.
Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

14 komentar untuk "2 Cara Mudah Mengaktifkan XL Pass"

  1. Balasan
    1. Terima kasih dek.
      Btw, ini salah satu dari tiga yang selamat.

      Hapus
  2. Makasih bro, bermanfaat banget nich informasinya.

    BalasHapus
  3. untuk paket Xtra combo lite bisa dipakai XL pass gk?

    BalasHapus
  4. Di Turki xl nya bisa untuk tathering kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan. Pada saat kami di Turki, saya bagi jaringan (tethering) ke istri. Tidak ada masalah gan lancar jaya. Cuma pas di stasiun bawah tanah, itu yang agak lambat gan.

      Hapus
  5. Rencananya saya mau ke luar negeri selama 9 hari termasuk Bisa kita aktifkan XL Pass setelah sampai negara tujuan? Kalau lebih dari 7 hari nambah xl pass nya tinggal beli di myxl?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan. Isi pulsanya juga bisa sewaktu tiba di negara tujuan gan. Kemarin itu teman ane isi pulsa terus beli paketnya pas kami sudah sampai di turki

      Hapus
  6. Saat di luar negeri aktifin XL pass nya gimana gan?? Langsung nyalain roaming sja???

    BalasHapus
  7. Benar gan..ane pas turun dari pesawat langsung hidupin internet langsung cek WA gan..

    BalasHapus