Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Ukuran file PDF sangat ditentukan oleh kualitas dan banyaknya gambar yang ada di pada file PDF tersebut. Berdasarkan kualitasnya, file PDF terbagi menjadi tiga macam. Pertama, PDF kualitas tinggi. PDF kualitas tinggi digunakan pada proses printing dan publishing skala besar. PDF kualitas tinggi memiliki ukuran yang besar. Hal ini disebabkan tidak ada bagian file PDF yang dikurangi kualitasnya, terutama kualitas gambarnya. Kedua, PDF kualitas sedang. PDF kualitas sedang ini biasanya digunakan pada kebutuhan daily office, misalnya mengirim file lalu print, dan sebagainya. Ketiga, PDF kualitas rendah. PDF kualitas rendah digunakan untuk kepentingan upload. Ukuran PDF kualitas rendah relative kecil. File PDF kualitas rendah tidak bagus jika diprint karena hasil print file tersebut tidak tajam. Untuk itu, jika memang tujuan akhir dari file PDF adalah untuk print, ada baiknya kalian memilih file PDF dengan kualitas sedang saja.
Pada umumnya, situs-situs akademis di Indonesia mensyaratkan ukuran file PDF dari 1-5 MB. Ukuran tersebut dapat dikatakan sudah cukup untuk menampung file PDF dengan kualitas sedang. Namun, bagaimana jika ada file PDF yang telah kalian buat ukurannya lebih besar dari apa yang sudah disyaratkan?. Tenang, silahkan ikuti beberapa langkah berikut.

Jika file belum berbentuk PDF


Jika file kalian masih berbentuk fil .doc, .docx, .xls, dan lain-lain, maka proses untuk membuat membuat file PDF dengan ukuran kecil akan lebih mudah. 

Menggunakan Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Publisher, dll

  • Pada saat ingin menyimpan, pilih Save As. Pada bagian Optimize for, pilih Minimun size (Publishing online)
Cara Mengecilkan Ukuran File PDF menggunakan Save as Microsoft Word
Optimize for Minimum size (publishing online)

Menggunakan Nitro PDF

  • Pada Menu Create PDF Files, pilih setting
Cara Mengecilkan Ukuran File PDF menggunakan Nitro PDF
Make PDF files Web Ready (Smaller file size)
  • Pada Make PDF Files, pilih Web Ready (smaller size)
  • Selanjutnya, pilih file yang ingin kalian convert menjadi PDF pada Add files

Jika file sudah berbentuk PDF

Apabila file PDF kalian sudah tersedia dan ukurannya lebih besar dari apa yang disyaratkan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut
  • Buka file PDF menggunakan Nitro PDF
  • Pilih Menu File, lalu pilih Optimize PDF
  • Pada tab Images, pilih Web
Cara Mengecilkan Ukuran File PDF menggunakan Optimize Nitro PDF
Option WEB akan membuat file PDF menjadi sangat kecil
  • Terakhir pilih Optimize, lalu tunggu sampai proses tersebut selesai
  • Sekarang silahkan cek ukuran baru file PDF kalian

Demikianlah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecilkan ukuran PDF. Saya harap, artikel ini dapat menyelesaikan permasalahan kalian mengenai ukuran file PDF yang sedang kalian hadapi.
Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

2 komentar untuk "Cara Mengecilkan Ukuran File PDF"

  1. Terima kasih mas ^^ Oh ya, NitroPDF itu memang trial n mesti beli ya? Saya coba memang bagus sih, sizenya berkurang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane pakai versi pak tani gan.. Soalnya mahal bgt ;-(

      Hapus