Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur dan Fungsi Sel (3)

SERI KONSEP SEL
Bagian 3: Struktur dan Fungsi Sel
Bagian 4: Macam Sel

Struktur dan Fungsi Sel

Struktur dan Fungsi SelSel merupakan bagian terkecil dari makhluk hidup yang mampu berdiri sendiri dan menunjukkan ciri-ciri khas kehidupan. Sebagian bagian terkecil dari makhluk hidup, sel tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil sehingga dapat menjalankan fungsinya. Itulah sebabnya sel dikatakan sebagai unit terkecil dalam kehidupan.
Sel juga dikenal sebagai unit struktural dan unit fungsional. Dikatakan sebagai unit struktural karena sel merupakan komponen penyusun jaringan semua tubuh makhluk hidup, baik uniseluler maupun multiseluler. Dikatakan sebagai unit fungsional karena di dalam setiap sel berlangsung berbagai reaksi kimia dan proses hidup. Dengan adanya suatu sistem koordinasi, beberapa fungsi sel tertentu akan bersatu melakukan berbagai proses di dalam tubuh makhluk hidup.
Pemahaman tentang sel dan sebagai unit fungsional, mungkin akan lebih mudah dimengerti dengan mempelajari penyakit pada tubuh, misalnya diabetes atau kanker prostat. Pada dasarnya, penyakit demikian muncul karena adanya gangguan fungsional pada sel-sel pankreas dan prostat atau organ yang bersangkutan.

Nilai Kehidupan dari Sel

Kita bisa membuat sebuah anggapan, sel itu adalah seorang Manusia, dan tubuh yang disusun oleh jutaan sel itu adalah Masyarakat. Setiap sel mampu berdiri sendiri, sehinggap disebut Uniseluler. Dan jika ada sel yang tidak mampu berdiri sendiri, sehingga membutuhkan sel lain, maka disebut Multiseluler. Contoh dari Uniseluler adalah Amoeba, yang tidak jelas bentuknya, kemana-mana sendiri, dan rentan dimakan sel yang lebih besar. Coontoh dari Multiseluler adalah manusia, makhluk sosial.
Sekarang, ayo kita bandingkan, siapa yang lebih hebat??? Tentu saja makhluk multiseluler. Karena terdiri dari banyak sel, maka akan ada sel yang lain untuk mengganti tugasnya. Begitulah seharusnya Manusia. Manusia selalu membentuk masyarakat dimana pun dia berada. baik di rumah, sekolah, kampus, ataupun masyarakat tempat tinggalnya. Manusia harus bisa menyesuaikan keadaannya dimana pun dia berada. Dan seseoarang tidak boleh merendahkan apabila ada orang yang meminta pertolongan. Karena kita tidak akan selalu bisa berdiri sendiri. Tidak boleh juga selalu meminta bantuan, kita juga harus berusaha terlebih dahulu.
Nah, bagi orang yang tidak peduli dengan masyarakatnya???? Dialah si Amoeba itu. Lihatlah, dalam beberapa hal yang kecil, dia memang hebat. Namun, ketika masalah besar datang, dia tidak mampu mengatasinya, dan hidupnya tidak punya arah, tidak punya bentuk, sama seperti Amoeba.
Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Posting Komentar untuk "Struktur dan Fungsi Sel (3)"