Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Jika Burung Laut Mangsa Hiu Macan

Burung Albatross berkaki hitam (Phoebastria nigripes)

Dalam posting ini, burung laut yang saya jadikan contoh adalah burung Albatross berkaki hitam. Burung Albatross berkaki hitam ( Phoebastria nigripes ) adalah sejenis burung laut yang memiliki ukuran lumayan besar. Burung ini termasuk ke dalam family Diomedeidae. Burung ini merupakan salah satu jenis burung yang membuat sarang dan terisolasi di pulau-pulau tropis bagian selatan. Tidak seperti burung laut lainnya, burung albatross berkaki hitam memiliki bulu yang berwarna gelap.
Burung ini dikenal setia terhadap pasangan. Mereka membutuhkan waktu 2 tahun untuk masa pencocokan dan membuat sarang. Sarang mereka sangat sederhana, hanya seperti lubang di pasir. Setelah sampai waktu bertelur, maka betina akan mengerami telur-telurnya. Setelah telurnya menetas, maka burung betina akan segera mencari makan, dan anak burung yang baru menetas tadi akan dijaga oleh burung jantan. Burung betina akan tetap memberi makan anaknya sampai berumur 140 hari. Sambil menunggu di beri makan, anak burung yang sudah berumur 80-140 hari, akan belajar untuk terbang. Mereka akan mengembangkan sayapnya, dan berkat bantuan angin yang kencang di pinggir pantai, burung ini akan mudah terangkat.

Hiu Macan (Galeocerdo cuvier)

Hiu Macam (Galeocerdo cuvier)merupakan salah satu hewan terakus di dunia. Hewan ini biasanya memakan ikan, singa laut, burung, hiu kecil, cumi-cumi dan penyu.. Bahkan, hewan ini juga sering menyerang manusia dan memakannya. Satu berita menarik mengenai hewan ini adalah pernah ditemukan ban bekas dan plat kendaraan bermotor di dalam perut ikan hiu ini.
Makanan utama hewan ini adalah ikan dan singa laut laut. Namun, dalam beberapa keadaan tertentu, hewan ini juga menyerang ikan pari, hiu kecil, cumi-cumi, penyu dan burung.
Nama macan, yang dalam bahasa inggris adalah “tiger”, diambil dari bentuk warna tubuh bagian atas hewan ini, bentuk warna pada tubuh hewan ini garis-garis putih, yang mirip dengan garis-garis pada macan.

Mengapa Ikan Hiu Macan Menyerang Burung Albatross berkakai hitam???

Untuk mendapatkan makanan secara optimal, hiu macan memiliki berbagai macam saingan, terutama saingan dari jenisnya sendiri. Hiu macan yang paling kuat akan memperoleh makanan dengan mudah, yaitu singa laut, yang bahkan sudah diburu oleh hiu macan yang lain. Bagi hiu macam yang masih muda, tentu saja hal ini sangat merugikan mereka. Mereka harus berjuang dengan hiu lain yang sudah dewasa dan lebih kuat darinya. Untuk itulah mereka mencari alternative lain. Mereka memakan cumi-cumi, kerang, dan ular laut.
Selanjutnya, pada saat musim melahirkan burung albatross tiba, mereka akan datang ke dekat pantai-pantai yang dijadikan sarang oleh para burung albatross. Mereka memanfaatkan burung albatross yang sedang mencari makan untuk anaknya. Namun, dalam hal ini, keberhasilan seekor hiu untuk menangkap burung albatross masih kecil, karena burung albatross lebih lincah dan pengalaman dari ikan hiu masih kurang. Panen besar mereka tiba saat anak-anak burung albatross belajar terbang. Seperti yang sudah saya katakana di atas, burung albatross jenis ini tidak terlalu susah untuk terbang, hanya dengan merentangkan sayap, tubuh mereka akan terangkat dengan bantuan angin. Dan hal inilah yang menjadi malapetaka bagi anak burung itu sendiri. Ketika mereka merentangkan sayap, tubuh mereka akan terangkat. Karena kurangnya pengalaman, saat mereka mengepakkan sayap, terkadang arahnya berbeda dari yang mereka inginkan. Hal ini juga berlaku ketika mereka jatuh ke dalam air. Karena belum bisa mengontrol secara penuh, burung albatross yang sudah jatuh ke dalam air ini akan menjadi mangsa ikan hiu macan.
Hiu macan yang sudah menunggu, tentu saja tidak akan membuang kesempatan ini, mereka akan langsung menerkam anak burung albatross tadi, dan apabila burung albatross itu terbang, hiu macan masih mampu memprediksi kemana jatuhnya anak burung albatross tadi.
Jadi, dari cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa alasan hiu macan memakan burung laut adalah:
  • Masih muda dan kurangnya pengalaman dari ikan hiu macan
  • Kerasnya persaingan antar sesama hiu macan
  • Masih muda dan kurangnya pengalaman dari burung albatross.
Untuk melihat bagaimana proses ikan hiu macan memakan burung albatross, lihatlah video di bawah ini.
Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Post a Comment for "Bagaimana Jika Burung Laut Mangsa Hiu Macan"