MASIGNALPHA101

Gen yang Terpaut pada Kromosom S*x

Gen yang Terpaut pada Kromosom S*x
12/08/2011
Pada materi sebelumnya, saya sudah membahas mengenai macam-macam mutasi. Nah, disitu saya ada sedikit membahas mengenai tipe-tipe kromosom, yaitu Autosom atau kromosom tubuh, dan Gonosom atau kromosom S*ks. Jadi dari situ kalian dapat mengambil kesimpulan bahwa gen-gen yang terpaut pada Kromosom S*ks atau Gonosom dapat diturunkan kepada anak-anaknya.
Pautan disebut juga dengan gen berangkai atau gen linkage. Pautan adalah suatu keadaan yang menunjukkan adanya gen-gen yang menempati kromosom yang sama sehingga tidak dapat memisah secara bebas dan cenderung diturunkan secara bersama-sama. Jika pautan terjadi pada kromosom tubuh, maka dikenal dengan autosomal linkage. Selanjutnya, jika pautan terjadi pada kromosom s*ks atau gonosom, maka dikenal dengan s*x linkage. Gen-gen yang terdapat pada kromosom s*ks tersebut juga dapat menunjukkan adanya pemunculan suatu sifat pada makhluk hidup. Gen yang terletak pada kromosom s*ks tidak memiliki alel pada kromosom Y sehingga gen terpaut pada kromosom s*ks dapat terlihat ekspresinya meskipun dalam keadaan tunggal baik resesif maupun dominan. Gen terpaut pada kromosom s*ks berbeda dengan gen gen autosomal

1. Gen Terpaut S*ks pada Lalat Buah

Ada beberapa gen terpaut pada Drosophila melanogaster, misalnya gen warna mata putih yang bersifat resesif atau w. Gen tersebut merupakan alel dari gen W yang merupakan gen penentu warna merah pada mata dan sifatnya dominan. Gen-gen penentu warna mata tersebut terpaut pada kromosom X. Nah, jika lalat buah betina mata merah disilangkan dengan lalat buah jantan bermata putih maka keturunan F1, baik jantan maupun betina semuanya akan memiliki mata berwarna merah.
Selanjutnya jika dilakukan persilangan pada sesama keturunan F1 tadi, maka akan menghasilkan keturunan F2 yang semua keturunan betina bermata merah, tidak ada satu pun yang berwarna putih, sedangkan keturunan yang jantan 50% bermata merah dan 50% bermata putih. Perhatikan tabel berikut.

W Gen untuk mata merah
w Gen untuk mata putih
P XWXW x XwY
(betina mata merah) (Jantan mata putih)
F1 XWXw = Lalat betina mata merah
XWY = Lalat jantan mata merah
F2 XWXw x XWY
(betina mata merah) (jantan mata merah)

 Persilangan F2 x F2, maka:
B\J XW Y
XW XWXW
(betina mata merah)
XWY
(jantan mata merah
Xw XWXw
(betina mata merah)
XwY
(jantan mata putih)

Jadi, fenotip yang dihasilkan adalah sebagai berikut:
Lalat betina mata merah = 100%
Lalat jantan mata merah = 50%
Lalat jantan mata putih = 50%

2. Gen Terpaut s*ks Pada Manusia

Berdasarkan hasil penelitian, tidak kurang dari 60 gen ditemukan yang terpaut pada kromosom X manusia. Gen-gen tersebut merupkan gen-gen resesif. Beberapa gen terpaut s*ks pada manusia dapat menimbulkan kelainan dan sering menyebabkan penyakit genetik, misalnya hemofilia dan buta warna. Gen terpaut s*ks pada manusia yang menimbulkan kelainan dan penyakit sudah saya bahas pada beberapa materi sebelumnya.

3 Sifat-ifat yang Dipengaruhi oleh S*ks

Ada beberapa sifat yang dipengaruhi oleh gen s*ks. Hal ini muncul karena adanya gen yang dominansinya tergantung dari jenis kelamin suatu individu. Adanya sifat sifat yang dipengaruhi oleh gen s*ks tersebut dapat kita lihat pada penderita kebotakan yang kebanyakan adalah laki-laki sedangkan pada wanita sangat jarang ditemukan. Gen penyebab kebotakan ini bersifat dominan pada pria dan resesif pada wanita. Misalnya saja jika Gen B adalah gen dominan untuk kepala kotak dan gen b untuk kepala yang tidak botak maka beberapa kemungkinan genotip pada pria dan wanita yang menentukan seorang penderita kebotakan atau tidak dapat dilihat pada tabel berikut:

Genotip Pria Wanita
BB Botak Botak
Bb Botak Tidak botak
bb Tidak botak Tidak botak
Berdasarkan tabel di atas, dapat kalian lihat bahwa jika ayah kalian mengalami kebotakan, maka besar kemungkinan kalian yang laki-laki juga akan mengalami kebotakan. Tinggal menunggu waktu saja.

Demikianlah yang dapat saya bahas, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Hendra Yulisman

Awardee LPDP PK 41 -  Catureka Mandala.

Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Satu komentar kalian sama dengan satu juta semangat untuk saya

Silahkan bertanya jika masih ada yang kurang jelas
Saya sangat mengharapkan kritik dan saran kalian dalam membangun blog ini.

Peraturan dalam memberi komentar
~Diharapkan menggunakan kata-kata yang santun, baik, dan sopan.
~Berkomentarlah sesuai dengan topik (relevan).
~Dilarang keras memberi komentar yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan, dan pelecehan.
~Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Terima kasih