Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan eBelajar FKIP Unsyiah

Beberapa malam yang lalu, saya sudah memberikan sedikit informasi tentang Rintisan Kelas Online eBelajar FKIP Unsyiah. Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali memperkenalkan sebuah produk mutakhir dari FKIP Unsyiah. Namanya adalah eBelajar FKIP Unsyiah. Kelas ini berbeda dengan kelas rintisan, dimana di dalam kelas eBelajar ini, hanya seorang Dosen saja yang bisa menjadi Admin, dan khusus untuk Mata Kuliah yang diasuhnya, sedangkan pada Kelas Rintisan, seorang mahasiswa dapat menjadi seorang Admin untuk kelasnya.
Selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kelas ini. Yang pertama adalah kamu harus membuat akun khusus di kelas ini, agar kamu dapat masuk ke dalam kelas Online yang diasuh oleh Dosen yang bersangkutan.

Cara daftar di Kelas eBelajar FKIP Unsyiah.

1. Buka alamat eBelajar FKIP Unsyiah
2. Pilih dan klik Create new Account. Perhatikan tampilan di bawah ini.
buat akun baru
3. Selanjutnya, akan tampil tampilan seperti di bawah ini.
  • Username       : Gunakan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) kamu.
  • Password        : Isi dengan password yang menggunakan kombinasi angka dan huruf (Mis. umurku21tahun).
  • Email Address : INI ADALAH BAGIAN PALIN PENTING!. Isilah nama Email yang sering kamu gunakan, dan password dari Email tersebut selalu kamu ingat. Kamu bisa gunakan Email dari Account Facebook-mu.
  • Email (again)    : Isi sekali lagi alamat Email kamu.
  • First Name        : Isi nama depan kamu.
  • Surname          : Isi dengan nama keluarga atau nama belakang kamu.(Surname dapat berarti nama keluarga/marga, dapat juga berarti nama belakang).
  • City/Town         : Isi dengan nama kota tempat tinggal kamu.
  • Country            : Klik pada bagian panah, lalu pilih Indonesia. Tidak perlu isi negara lain walaupun disitu banyak tersedia. (Tidak usah Heboh…walau bagaimana pun, kita tetap orang Indonesia, Bangga Sedikit Lah^_^).
3. SELESAI, Sekarang tugas kamu selanjutnya adalah Login ke Account Email yang kamu isi tadi, cari Email dengan Subject Admin eBelajar, jika tidak ada di INBOX, cari saja di SPAM.
4. Klik pada Email tersebut, lalu klik pada alamat konfirmasi. Jika tidak bisa di-klik, klik kanan pada alamat konfirmasi tersebut, pilih Open link in new tab.
5. Selamat, kamu sudah memiliki Account eBelajar.

Apa yang terjadi jika kamu lupa Password eBelajar??? Ikuti saja beberapa langkah sederhana berikut.

Cara Mengatasi Lupa Password eBelajar FKIP Unsyiah.

1. Login dengan username dan password yang kamu ingat. Jika gagal, maka kamu akan mendapat tampilan di bawah ini.

  • Klik pada “Yes, Help Me Log In”.
2. Setelah itu, kamu akan mendapat tampilan seperti dibawah ini.
  • Perhatikan Kotak Dialog yang sudah saya tandai, yang artinya adalah kamu Hanya perlu mengisi salah satu kotak isian yang disediakan.
  • Username : Jika kamu ingat dengan username kamu, isi bagian ini. (Tidak di anjurkan, karena biasanya akan error juga)
  • Email         : Isi dengan alamat email yang kamu gunakan pada saat pendaftaran eBelajar.
  • Lalu Klik Ok.
3. Sekarang, Login ke alamat Email kamu, (Yank akan saya tampilkan adalah account dari Yahoo! saya).

  • Karena yang saya gunakan adalah Yahoo!Mail, maka kamu bisa cari  di Inbox.
4. Setelah membuka Inbox Email kamu, kamu akan mendapat sebuah email dari admin eBelajar. (Dari tampilan di bawah ini, saya menandai ada dua email dari Admin eBelajar, itu karena saya sudah mengikuti proses selanjutnya. Inti-nya adalah, kamu akan mendapat dua email konfirmasi dari admin eBelajar).
5. Buka Email tersebut, selanjutnya Klik kanan, lalu pilih Open link in new tab. Maka kamu akan terbuka pada halaman eBelajar seperti berikut ini.

6. Klik Continue. Selanjutnya, kembali ke Inbox Email kau, cari email baru dari Admin eBelajar (biasanya sudah ada, jika belum ada, refresh email kamu). Jika sudah ada, maka buka dan ikuti langkah sederhana ini.

(PENTING, Supaya Mempermudah Mengingat, Foto saja dengan HP kamu bagian ini (Jika tidak ada, pinjam saja punya teman, keluarga, atau tetangga) lalu print foto tersebut, bingkai, dan letakkan di meja belajarmu (ruang tamu lebih bagus)^_^)
7. Setelah kamu open llink in new tab, maka kamu akan mendapat tampilan di bawah ini. Ikuti saja perintah dari gambar.
8. Selamat, eBelajar kamu sudah kembali lagi.

Tips supaya jangan lupa lagi :
  • Sering membuka eBelajar.
  • Aktif di forum eBelajar.
  • Catat dan simpan username dan password eBelajar di tempat yang mudah di ingat.
Sekian dulu pengenalan eBelajar dari saya, apabila ada keluhan, kritik, dan saran, kirim salah satu Alamat ini. Terima kasih. Jangan lupa memberikan komentar ya..
Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

3 komentar untuk "Pengenalan eBelajar FKIP Unsyiah"