Heroes of Order and Chaos for Windows 8 - Aurora Demon



Yaps...
Ini pertama kalinya saya memposting video game di blog ini. Video ini masih kasar, intro dan background musiknya merupakan bawaan dari Camtasia, tidak banyak proses editing yang saya lakukan. Namun, untuk membuatnya menjadi seperti video di atas, itu lumayan ribet. Ok, berikut ini adalah proses pembuatan video sampai ke tahap publish. 

1. Recording

Untuk merekam, saya menggunakan software IceCream Screen Recording. Free software ini saya pilih karena tidak memakan banyak resource pada saat merekam, sehingga video di atas terlihat  lebih smooth, berbeda dengan video saya sebelumnya (Heroes of Order and Chaos for Windows 8). Namun, seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak, software ini juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, ukuran video yang dihasilkan sangat besar. Hasil rekaman 10 menit itu bisa 1 GB lebih. Kedua, terdapat perbedaan waktu antara video dengan audio yang kita rekam. Jadi, hasilnya ya gambar dulu yang jalan, baru muncul suaranya. Ketiga, ekstensi file yang dihasilkan adalah .mkv. Jadi, apabila ingin mengedit dengan Camtasia, harus di convert ke .mp4 terlebih dahulu.

2. Converting

Seperti yang telah saya katakan, file yang dihasilkan dalam bentuk video berekstensi .mkv. Software converter yang saya gunakan adalah VLC Media Player. Lebih hebatnya lagi, software ini bisa langsung men-covert video yang saya inginkan sesuai dengan pengaturan Youtube HD, dan suara video "yang datang terlambat" itu juga di hapus secara otomatis. Software ini mampu mengecilkan ukuran video saya dari 1.34 GB menjadi 104 MB saja.

3. Editing

Tahap ketiga adalah Editing. Disini saya menggunakan Camtasia. Proses disini meliputi penambahan Intro, Outro, Cutting sana sini, dan menyimpannya ke dalam video dengan ekstensi .mp4. Disini juga saya mengatur ukuran video menjadi 720p.

4. Uploading

Tahap terakhir adalah mengupload video yang telah jadi ini ke Youtube. Untuk ukuran video sebesar 104 MB dan kecepatan internet yang sedemikian rupa, saya membetuhkan waktu 25 menit untuk menuntaskannya. Berat.

Ok, itu dia prosesnya. Kalau dibaca-baca, memang prosesnya ribet. Tapi kalau mencoba membuatnya, makin ribet. itulah sebabnya, jangan suka bajak film atau video orang, kasihan mereka :v, ribet buatnya. Jika ada pertanyaan, kenapa saya tidak merekam menggunakan Camtasia, itu sudah saya lakukan. Namun, selalu error di bagian pertengahan game. saya kira ini disebabkan oleh ukuran RAM komputer yang kecil. Jadi ya, begitulah.

Awardee LPDP PK 41 -  Catureka Mandala.

Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Peraturan Berkomentar Di Blog Ini

- Diharapkan Menggunakan Kata-Kata Yang Santun, Baik, dan Sopan.
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik (Relevan).
- Dilarang keras komentar yang mengandung Sara, Pornografi, kekerasan, pelecehan.
- Komentar dengan link promo akan masuk spam.
EmoticonEmoticon