Cara Membuat Format Jurnal Ilmiah Biologi

Jurnal adalah suatu publikasi ilmiah yang ditulis oleh para peneliti yang ahli di bidangnya. Jurnal berisi kutipan dan point-point penting dari sebuah laporan. Oleh sebab itu, sebelum melakukan submit jurnal, pastikan jurnal kalian sudah sesuai format yang telah disediakan oleh para pengelola jurnal. Jika format kalian sudah sesuai, maka jurnal kalian akan direview oleh para reviewer yang selanjutnya akan diterbitkan.

Format pada setiap jurnal itu berbeda-beda sesuai dengan ketentuan para pengelolanya. Jadi, harap diperhatikan mengenai hal tersebut. Jangan beranggapan bahwa jika kalian pernah diterima pada sebuah jurnal, maka kalian bisa mengirim jurnal dengan format yang sama kepada pengelola jurnal yang lain. Sebagai contoh, berdasarkan pengalaman saya sebagai administrator Jurnal Biologi Edukasi (milik Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah) dan Jurnal EduBio Tropika (milik Prodi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Unsyiah), banyak Author (pengaju jurnal) yang sering terbalik-balik dalam memformat jurnal mereka. Mereka ingin mempublish di Jurnal Biologi Edukasi, tapi formatnya mengikuti Jurnal EduBio Tropika, atau sebaliknya. Ada juga yang lebih parah lagi, bahkan mereka sama sekali tidak memperhatikan format yang diminta.

Berikut ini, saya tampilan Format Penulisan untuk Calon Penulis Jurnal Biologi Edukasi dan Jurnal EduBio Tropika. Silahkan baca dengan teliti.

Note: Perihal klaim plagiarisme. Karena format tulisan ini sama dengan format yang ada di web masing-masing jurnal, maka saya telah menghapus format penulisan tersebut dari halaman Jak Belajar. Untuk itu, kalian bisa langsung membaca format penulisan jurnal biologi di alamat beriku: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JBE

Cara Membuat Format Jurnal Ilmiah Biologi
Logo Jurnal Biologi Edukasi
Cara Membuat Format Jurnal Ilmiah Biologi
Logo Jurnal EduBio Tropika
Kalian harus menyesuaikan semua format yang telah disediakan oleh pengelola jurnal. Kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal bukan. Untuk itulah, sebelum mengirim jurnal, mohon dibaca dengan teliti petunjuk penulisan bagi calon penulis. Hal tersebut sangat penting. Karena semakin bagus kalian membuat formatnya, maka semakin cepat jurnal kalian diproses oleh pengelola jurnal.
Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Semoga jurnal kalian sukses diterima oleh pengelola jurnal. Terima kasih.

Awardee LPDP PK 41 -  Catureka Mandala.

Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Peraturan Berkomentar Di Blog Ini

- Diharapkan Menggunakan Kata-Kata Yang Santun, Baik, dan Sopan.
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik (Relevan).
- Dilarang keras komentar yang mengandung Sara, Pornografi, kekerasan, pelecehan.
- Komentar dengan link promo akan masuk spam.
EmoticonEmoticon