Cara Menggabungkan Dua Tabel pada Word

Microsoft Word adalah software “word processing” yang paling banyak digunakan oleh para pengguna di seluruh di dunia (sumber: Top Ten Reviews). Selain mudah digunakan, software ini juga memiliki fitur yang lengkap dalam hal pemrosesan kata, mulai dari editing, printing, publishing, dll. 
Tabel merupakan salah satu bentuk informasi yang sangat penting dalam menyampaikan informasi, terutama dalam penyampaian informasi penelitian. Misalnya, untuk menyampaikan hasil yang diperoleh dari sebuah penelitian, para pembaca dari hasil penelitian tersebut akan mudah mencerna informasinya jika si peneliti menyampaikan informasi dalam bentuk tabel. Membuat tabel juga memerlukan keahlian untuk memadatkan informasi, sehingga semua informasi yang disampaikan dalam tabel mampu mewakili informasi keseluruhan dari sebuah penelitian.
Terkadang, hal ini juga sering terjadi pada saya, kita lupa bagaimana caranya menggabungkan dua tabel. Sudah mencoba copy-paste, malah membuat format tabel yang sudah ada menjadi tidak karuan, ingin mengetik dari awal, sangat menjengkelkan, karena membuang-buang waktu. Untuk itulah, kita harus mengetahui shortcut atau jalan pintas untuk menggabungkan dua tabel tanpa merusak formatnya.
Nah, untuk  menggabungkan dua table dengan menggunakan Ms. Word silahkan ikuti cara singkat berikut ini.

Tahap-tahap penggabungan tabel pada Microsoft Word

  • Saya anggap kalian sudah memiliki dua table yang ingin digabungkan.
  • Kalian harus menghapus semua tulisan yang ada diantara kedua tabel tersebut.

  • Pilih salah satu tabel
  • Setelah itu akan muncul tanda tambah (+) di sudut kiri atas tabel, klik pada tanda tambah (+) tersebut.
  • Selanjutnya, tekan Alt+Shif+tanda panah pada keyboard. Pemilihan tanda panah ini tergantung oleh arah penggabungan table Anda. Jika Anda menandai table yang di atas, lalu ingin menggabungkannya dengan table yang di bawah, maka Anda harus menekan Alt+Shift+↓ (panah ke bawah). Hal demikian berlaku untuk perintah ke kanan (→), kiri (←), maupun ke atas (↑).

  • Hasil Akhir. Kedua tabel akan menyatu

Demikian tutorialnya, sangat mudah bukan?? Kita sering lupa cara ini karena jarang menggunakannya. Nah untuk itu, agar akses semakin mudah di saat lupa lagi nanti, silahkan bookmark alamat website Jak Belajar. Semoga bermanfaat.

Awardee LPDP PK 41 -  Catureka Mandala.

Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

12 comments

Peraturan Berkomentar Di Blog Ini

- Diharapkan Menggunakan Kata-Kata Yang Santun, Baik, dan Sopan.
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik (Relevan).
- Dilarang keras komentar yang mengandung Sara, Pornografi, kekerasan, pelecehan.
- Komentar dengan link promo akan masuk spam.
EmoticonEmoticon