Mengenal Lebih Dekat Windows Movie Maker

Banyak menyimpan foto-foto kenang-kenangan???. Dan ingin membuatnya menjadi sebuah video agar menjadi lebih menarik?????. Windows Movie Maker adalah software yang cocok untuk melakukannya. Selain ringan, tampilan dari software ini tidak membuat mata kita sakit dan pikiran bingung. Software ini bisa kamu dapatkan di bagian akhir posting ini, dan gratis untuk pengguna Windows 7.
Ok, sebelum mencoba untuk membuat video dengan menggunakan Windows Movie Maker, kalian harus mengenal beberapa fungsi yang tersedia dalam software ini. Hal ini akan memudahkan kalian untuk membuat video nanti. Berikut adalah tampilan dari Windows Movie Maker.
Membuat Video Menggunakan Windows Video Maker
Pada tampilan di atas, akan terlihat 6 Tab di bawah Menu Bar, yaitu Windows Movie Maker Tab, Tab Home, Tab Animation, Tab Visual Effects, Tab Project, dan yang terakhir Tab View. Nah, berikut adalah fungsi dari tab-tab tersebut.
1. Windows Movie Maker Tab : di dalam tab ini terdapat beberapa perintah yang saya kira sangat sering kalian dengar. Kalau tidak percaya, perhatikan gambar di bawah ini.Windows Movie Maker Tab
Bagaimana??? Sudah tahu kegunaan dari perintah tersebut bukan??? Hmm, kalau belum,, ya sudahlah, akan saya jelaskan.
  • Perintah yang pertama adalah New Project. New Project artinya “Pekerjaan Baru”. Fungsi dari perintah ini tentu saja untuk membuat project baru.
  • Open Project adalah perintah untuk membuka kembali project yang telah kalian buat dan simpan sebelumnya.
  • Save Project adalah perintah untuk menyimpan Project yang telah selesai atau yang sedang kalian kerjakan.
  • Save Project As adalah perintah yang hampir sama dengan perintah Save Project, namun Save Project As ini berguna jika kalian ingin menyimpan project yang sama dengan nama project yang berbeda.
  • Publish Movie adalah perintah yang berguna untuk meng-upload video kalian ke internet. Secara default, kalian bisa meng-uploadnya ke SkyDrive, Facebook, Youtube, Windows Live Groups, dan Flickr.
  • Save Movie adalah perintah untuk Menyimpan Video Siap Pakai. Banyak mahasiswa yang kurang mengetahui dengan perintah ini. Mereka hanya menyimpan project melalui perintah Save Project. Tentu saja, untuk membuka kembali project tersebut dibutuhkan untuk software Windows Movie Maker. Nah, bagi kalian yang ingin menyimpan Video Siap Pakai (Siap Nonton boleh juga), kalian harus pilih perintah ini. Selanjutnya, di dalam perintah ini terdapat beberapa pilihan lagi yang harus kalian pilih. Sesuaikan pilihan kalian dengan media apa yang kalian gunakan untuk menonton video kreasi kalian. Untuk petunjuk tentang ukuran layar  video dan aspect ratio-nya, kalian bisa mengetahuinya dengan menyeret mouse ke pilihan tersebut, pada saat itu akan muncul balon kecil yang berisi informasi tersebut. (Maaf saya tidak tahu apa nama balon tersebut #belumsempattanya).
  • Import from Device adalah perintah untuk meng-Copy file multimedia dari camera atau gadget kalian lainnya.
  • Option, dalam hal ini sepertinya bukan suatu perintah, karena di dalamnya berisi informasi mengenai software ini, pilihan untuk meng-update software ini, serta disini pula kamu bisa menemukan pilihan untuk pengaturan Microphone dan Webcam yang akan digunakan.
  • About Movie Maker, saya sangat berharap kalian tahu apa fungsi ini.
  • Exit, apalagi perintah ini, pasti sudah tahu apa artinya.

2. Home Tab : adalah tab yang berisi perintah yang paling umum dan sering digunakan, dan berisi menu lain seperti Clipboard, Add, Auto Movie Themes, Editing, Share, dan Sign In.
A. Menu Clipboard
  • Di dalam menu ini terdapat perintah Cut, Copy, dan Paste. Cut berfungsi untuk memotong bagian dari foto atau video yang kalian inginkan. Copy artinya menggandakan bagian tersebut, dan Paste saya yakin kalian sudah tahu apa fungsinya.
B. Menu Add
  • Add videos and photos : fungsinya untuk menambahkan video dan foto yang kalian inginkan.
  • Add music : fungsinya untuk menambahkan musik dan ataupun lagu ke dalam project kalian.
  • Webcam video : untuk menambahkan video dari hasil rekaman Webcam komputer kalain.
  • Snapshot : untuk menambahkan screenshot komputer kalian.
  • Title : untuk menambahkan sebuah slide khusus untuk judul video/project kalian.
  • Caption : untuk menambahkan teks pada bagian tertentu dalam video/project kalian.
  • Credits : untuk menambahkan credits, misalnya siapa saja yang membuat video/project kalian, ucapan terima kasih, dll. (seperti di film-film Hollywood gitu, yang jelas bukan untuk menambahkan credit poker kalian)
C. Menu Editing
  • Berisi beberapa perintah untuk mengatur posisi dari foto atau video kalian, menghapus bagian-bagian tertentu, dan memilih bagian-bagian tertentu.
D. Menu Share : fungsinya sama dengan Publish Movie dan Save Movie, baca bagian di atas tadi jika lupa.
E. Menu Sign In : melalui menu ini, kalian bisa masuk ke dalam akun MSN kalian. Jadi, kalian bisa terintegrasi dengan akun MSN pribadi kalian.

3. Tab Animation : di dalam tab ini, terdapat 2 menu, yaitu menu Transtition dan menu Pan and Zoom.

  • Menu Transtition : menu ini berfungsi untuk memberikan efek transisi dari satu foto ke foto yang lain, atau dari satu bagian slide ke bagian slide yang lain.
  • Menu Pan and Zoom : menu ini berfungsi untuk memberikan efek gerak slide dan efek pembesaran pada slide.

4. Tab Visual Effect : di dalam tab ini terdapat effect yang dapat mengubah sebagian ataupun seluruh tampilan video kalian (sangat berguna jika kalian ingin memasukkan effect tanpa perlu masuk ke software photo editor).

5. Tab Project : di dalam tab ini terdapat menu Audio dan menu Aspect Ratio.
  • Menu Audio : berisi perintah Audio Mix ( yang berfungsi untuk menyesuaikan durasi audio dengan durasi video secara manual) dan Fit to Music ( yang berfungsi untuk menyesuaikan antara durasi audio dan durasi video secara otomatis).
  • Menu Aspect Ratio : berfungsi untuk menyesuaikan rasio project/video kalian. Untuk diputar di handphone, cukup pilih Standard (4:3) saja.

5. Tab View : berfungsi untuk meninjau project yang sedang kalian kerjakan.

6. Tab Video Tools : Tab ini akan terlihat jika kalian sudah menambahkan sebuah file ke dalam project kalian, baik itu file audio, video, ataupun foto. Di dalam tab ini, terdapat beberapa menu Audio, Adjust, dan Editing.
  • Menu Audio : di dalam menu ini, kamu bisa mengatur pemudaran dari suatu audio yang kalian gunakan, apakah itu fade ini ataupun fade out.
  • Menu Adjust : menu ini memiliki beberapa fungsi lain seperti mengubah warna latar dari suatu bagian project/video, kecepatan dari suatu project/audio, serta mengatur durasi dari suatu project/audio.
  • Menu Editing : melalui menu ini, kalian bisa memotong, menggabungkan, dan membuat sebuah pointer dari video kalian.
Sekian dulu perkenalannya, untuk cara membuat video dengan menggunakan Windows Movie Maker, tunggu saja posting saya yang selanjutnya.

Awardee LPDP PK 41 -  Catureka Mandala.

Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

2 comments

Itu versi terbaru, silahkan download disini: http://windows.microsoft.com/en-us/windows-live/download-windows-essentials#wetabs=we2012

Peraturan dalam Memberi Komentar

- Diharapkan menggunakan kata-kata yang santun, baik, dan sopan.
- Berkomentarlah sesuai dengan topik (relevan).
- Dilarang keras memberi komentar yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan, dan pelecehan.
- Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Terima kasih.
P.s. Silahkan klik pada tombol Emoticon jika ingin memasukkan emoticon.
EmoticonEmoticon